Biografi Habib Novel Alaydrus

Umum

Habib Novel Alaydrus atau yang biasa dipanggil dengan nama Habib Novel ini merupakan putra dari pasangan Bapak Muhammad Alaydrus dan Ibu Luluk al Habsyi, dimana Habib Novel Alaydrus ini dilahirkan di Surakarta di tanggal 27 Juli 1975. Pada kesempatan kali ini, Bagi-in.com akan membagikan mengenai Biografi Habib Novel Alaydrus ini. Bila anda memang seorang yang ingin tahu akan profil lengkap Habib Novel Alaydrus ini, pastikan anda membaca artikel ini hingga tuntas.

Profil Habib Novel Alaydrus

Habib Novel Alaydrus ini merupakan alumnus dari SD dan SMP Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro yang bertempat di Solo, dirinya kemudian melanjutkan sekolah di SMAN 2 Solo. Setelah lulus dari SMAN 2 Solo, beliau melanjutkan pendidikannya ke Pesantren Darul Lughah wad Dakwah yang bertempat di desa Raci, Pasuruan, Jawa Timur. Dari pesantren inilah beliau mulai belajar bahasa Arab, meskipun beliau tidak sepenuhnya paham akan bahasa Arab. Karena rasa ingin tahunya yang begitu besar, akhirnya Habib Novel Alaydrus memiliki keinginan yang keras untuk bisa menguasai bahasa Arab dengan baik. Berikut ini riwayat hidup Habib Novel Alayrus selengkapnya:

www.pexels.com
  1. Masuk Pesantren

Sebelum Habib Novel Alaydrus masuk ke pesantren, dirinya tak melupakan untuk meminta izin kepada ibunya. Niat sebelumnya adalah melanjutkan perguruan tinggi, namun oleh sang ibu tidak diberikan izin. Sehingga Habib Novel Alaydrus melanjutkan untuk menggali ilmu di pesantren, beliau menghabiskan waktu sekitar 6 bulan di dalam pesantren dengan 1 bulan masa percobaan.

Dalam usaha kerasnya untuk mempelajari bahasa Arab, itu tak melulu akan keinginan pribadinya. Beliau berusaha keras karena mengingat pesan almarhum sang kakek, Habib Ahman bin Abdurrahman Alaydrus, “Bila kamu (Habib Novel Alaydrus) menguasai bahasa Arab, Itu berarti kamu telah menguasai setengah dari ilmu.”

Habib Novel Alaydrus termotivasi akan pesan sang kakek, sehingga membuatnya bekerja keras untuk menguasai bahasa Arab. Dalam usahanya, dalam sehari dia harus bisa menghapal kurang lebih 90 kata kerja. Dirinya mengatakan bahwa dimanapun tempatnya, kamus bahasa Arab tidak pernah lepas darinya. Habib Novel Alaydrus merasa bersyukur, karena dalam waktu 2 bulan beliau sudah bisa bercakap-cakap dengan bahasa Arab.

  1. Setelah dari Pesantren

Seusai keluar dari pesantren, dirinya kembali melanjutkan kegiatannya seperti yang biasa dia lakukan. Yakni pergi kemasjid Riyadh, dimana kebiasaan ini sudah dijalaninya sejak kelas 2 SD. Setiap hari saat menjelang magrib, dirinya rutin sholat berjamaan dimasjid dan mengikuti pembacaa Ratib, tadarus Al Quran dan pastinya sholat berjamaah.

Hal ini sebenarnya sudah dilakukan oleh Habib Novel Alaydrus sebelum masuk pesantren, dirinya juga mengaku bahwa pembacaan Maulid Simtud Durar merupakan ruhnya yang dilaksanakan setiap hari Jumat. Seusai dirinya kembali ke solo, Habib Novel Alaydrus langsung mengikuti pengajian umum yang biasa diselenggarakan oleh Habib Anis.

www.pexels.com

Hal ini sudah ia lakukan sejak tahun 1995, dimana beliau terus melakukannya hingga Habib Anis wafat. Hal yang sangat membahagiakan bagi Habib Novel Alaydrus adalah, dimana Habib Anis menyebut dirinya sebagai muridnya.

Usaha Habib Novel Alaydrus tak sampai disitu saja, karena dirinya terus melakukan dakwah dari masjid ke masjid. Dirinya juga terus melakukan dakwah dari rumah ke rumah, dari tempat satu ke tempat lainnya.

Karya Habib Novel Alaydrus Dalam Bentuk Buku

Dalam sejarah Habib Novel Alaydrus tercatat, bahwa ada banyak sekali buku yang sudah ditulis oleh beliau. Dimana semua bukunya merupakan karya tulisnya langsung, dan ada juga yang merupakan terjemahan dari buku ulama besar. Untuk anda yang ingin tahu apa saja karya yang ditulis oleh Habib Novel Alaydrus ini, berikut ini ulasan lengkapnya:

  1. Ahlul Bid’ah Hasanah

Ahlul Bid’ah Hasanah ini merupakan panduan bagi orang yang belum mengerti akan panduan kebenaran, dimana dalam buku ini mencakup banyak sekali dalil mengenai amalan salaf. Dimana salaf ini merupakan ajaran yang sering dipertanyakan, oleh orang-orang islam dan fanatik akan ajarannya.

Buku yang mengangkat Bid’ah Hasanah ini sangat sesuai untuk semua kalangan yang cinta akan ilmu salaf, dan untuk mereka yang menginginkan amalan wali dan sedang mencari kebenaran. Dalam buku ini selain berisi dengan dalil dari Al Quran juga terdapat hadist, yang akan memberi informasi serta pandangan para ulama besar mengenai Ahlul Bid’ah Hasanah.

  1. Ahlul Bid’ah Hasanah Jilid 2

Masih sama dengan bahasan buku bid’ah sebelumnya, pada pembahasan ini anda akan bisa menemui bid’ah-bid’ah hasanah dalam bentuk contoh. Yang dijadikan conoth bid’ah disini adalah para sahabat di zamannya Rasulullah SAW hingga Rasulullah SAW meninggal. Buku Ahlul Bid’ah ini sangat menarik, anda sebagai pembaca akan dibawa ke zamannya Rasulullah SAW dengan kehidupan para sahabat.

www.pexels.com
  1. Akhlaq Para Wali

Jiwa mulia merupakan jiwa yang dimiliki para kekasih Allah SWT, dalam buku ini digambarkan kehidupan para Wali yang berjuang membela tugas Allah serta mengajak orang-orang untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Dalam buku ini anda akan terkesan akan kisah para wali dalam mengajarkan agama Islam, dan mungkin saja anda akan terpengaruh dengan membaca buku ini.

  1. Jurus-Jurus Taqwa

Mungkin kebingungan dan kegelisahan pernah anda rasakan, dikala anda tak kunjung mendapatkan solusi dari sebuah masalah. Pada buku ini, anda akan diajarkan bagaimana cara untuk mengatasi masalah dengan mudah.

Sesungguhnya bila anda sadar, Allah memberikan cobaan pada umatnya di batas kekuatannya. Sehingga bisa dipastikan, bila anda terkena masalah sesungguhnya anda mampu mengatasi masalah itu. Dalam buku ini anda akan diajarkan mengenai jurus-jurus bertaqwa, dimana kunci untuk anda yang tengah menghadapi masalah hanyalah mengamalkannya. Yakinlah bahwa anda bisa mengatasi masalah itu, dan jangan pernah berkata akan saya coba.

  1. Mana Dalilnya

Pasti anda akan sering menanyakan hal ini disaat mendengar ceramah ataupun beberapa hal ketika berada di dalam kegiatan agama, dimana dalil ini akan menguatkan penjelasan yang dibeberkan oleh penceramah.

Dalam buku ini, anda akan dibawa menyelam lebih dalam mengenai makna Al Quran dan hadist. Anda akan diberikan berbagai pemikiran dari para ulama, sehingga anda akan memiliki pengetahuan yang lebih luas tentang agama.

  1. Mana Dalilnya 2

Pada bukunya ini, Habib Novel Alaydrus ini menuliskan mengenai kelanjutan dari buku sebelumnya. Perbedaan pada buku ini adalah pembahasan yang melengkapi dari buku sebelumnya, jadi anda ingin lengkap dalam mengetahui berbagai hal tentang dalil maka anda wajib memiliki kedua buku ini.

www.pexels.com
  1. Ini Dalilnya

Ada banyak sekali masyarakat yang masih ingin mengetahui secara objektif mengenai dalil-dalil yang membingungkan beberapa orang, dalam buku ini anda akan mengetahui secara jelas tentang pertanyaan anda itu. Dalam buku ini anda akan mudah memahaminya, karena bahasa yang disuguhkan juga sangat lugas dan simpel. Dalam buku ini anda juga akan yakin bahwa santri di indonesia berilmu dan mengikuti ladnasan Al Quran dan sunnah.

  1. Sirrul Asrar atau Rahasia dari Semua Rahasia

Ini buku karangan dari syaih Abdul Qadir al-Jilani RA yang diterjemahkan oleh Habib Npvel Alaydrus, dimana pada buku ini menjelaskan mengenai cara menuju kebahagiaan serta tujuan kita hidup di dunia.

Dimana kita hidup di dunia ini bukan untuk bersantai-santai, dan juga bukan mengenai pemenuhan nafsu dan memuaskan diri. Melainkan memiliki tujuan untuk akhirat, dalam buku ini anda akan dibukakan mata anda mengenai tujuan hidup manusia sebenarnya.

www.pexels.com
  1. Surga di Depan Mata

Dalam buku ini, anda akan diajarkan mengenai berharganya menghargai orang tua. Dimana dalam buku ini anda akan diberikan pandangan bahwa, bila anda memilih untuk anak atau orang tua maka anda memilih anak yang wafat.

Itulah hakikat dalam berbakti terhadap orang tua, dalam buku ini anda juga akan dijelaskan mengenai kumpulan nasihat mengenai bakti anak kepada orang tuanya dan cinta orang tua kepada anaknya.

  1. Umat Bertanya Ulama Menjawab

Bertanya merupakan cara kita untuk ingin mengetahui sesuatu yang tidak kita ketahui, dimana pertanyaan ini akan membuat anda semakin tahu bagaimana jawabannya. Dalam buku “Umat Bertanya Ulama Menjawab” ini anda akan mengetahui kumpulan soal serta jawaban yang terkait sholat dan bersuci, ada lebih dari 70 soal yang mana semuanya bisa dengan mudah anda pahami.

  1. Secangkir Kopi Hikmah

Banyak sekali hikmay yang bisa anda dapatkan dari buku ini, dimana anda akan diajak untuk mendalami keindahan ilmu yang diterapkan oleh para Wali. Anda akan menjadi semangat dalam menjalani hidup, setelah anda membaca buku karangan Habib Novel Alaydrus ini.

  1. Sehari Bersama Rasul

Seorang muslim sejati haruslah tau apa tuntunan yang sudah diajarkan oleh Rasulullah SAW, dimana beliau merupakan pedoman agama Islam dalam mencapai kebenaran dan kebahagiaan. Di dalam buku ini anda akan diajak untuk lebih mengenal Nabi Muhammad SAW, seakan-akan anda berada di zamannya Nabi Muhammad SAW.

Mulai dari aktifitas Nabi Muhammad SAW, dari subuh hingga kembali subuh anda akan mengetahuinya. Dengan demikian anda akan mampu meneladani seluruh kegiatan Rasulullah SAW di era modern saat ini.

  1. Kangen

Ini merupakan buku karangan terbadu dari Habib Novel Alaydrus, anda tentu akan disuguhkan layout yang berbeda dari buku-buku sebelumnya. Tentu anda akan semakin penasaran akan buku karangan Habib Novel Alaydrus ini, karena bahasa yang digunakan merupakan bahasa saat ini sehingga anda akan dengan mudah mengetahui dan memahami maksud beliau.

Saat ini anda bisa dengan mudah mendapatkan seluruh buku ini di toko-toko buku sekitar anda, atau bila anda ingin membacanya anda bisa datang ke perpustakaan pesantren. Dimana anda bisa dengan puas membaca seluruh buku yang dimiliki Habis Novel Alaydrus ini, tanpa perlu bingung untuk memulai membaca dari mana.

Itulah informasi mengenai Habib Novel Alaydrus, semoga dengan adanya informasi Habib Novel Alaydrus ini anda semakin paham mengenai seluk beluk beliau. Selain itu masih ada banyak sekali buku yang dibuat oleh beliu. Bila anda ingin lebih mendalami agama Islam, anda wajib membaca buku-buku beliau. Trimakasih karena sudah membaca artikel Biografi Habib Novel Alaydrus ini hingga tuntas, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *