Cara Memilih Cat Rumah Minimalis Terbaik

design

Salah satu point penting saat membangun rumah adalah memilih cat yang sesuai, baik untuk rumah minimalis maupun jenis rumah lainnya. Dengan memilih cat yang tepat maka rumah akan tampak lebih indah, enak dipandang dan membuat betah penghuninya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan cat rumah minimalis yang bagus, salah satunya adalah memilih dan membeli cat yang berkualitas bagus di tempat jual yang sudah dipercaya.

Tips Memilih Warna Cat Rumah Minimalis Yang Bagus

Cat warna untuk rumah menjadi salah satu point penting untuk mendapatkan rumah yang bagus dan indah, berikut ini adalah cara memilih cat yang bagus yang bisa anda lakukan :

  • Menentukan kombinasi warna cat

Pemilihan warna kombinasi adalah pilihan yang bagus, dengan menggunakan kombinasi warna maka rumah akan tampak lebih hidup dan indah. Pastikan anda memilih cat yang sesuai dengan ruangan, pastikan dua warna tersebut juga bisa menyatu. Anda bisa mencoba warna netral 80% dan untuk warna lainnya 20%. Pilihlah warna kesayangan anda, dan warna tidak harus mencolok, dan pastinya anda harus membedakan antara warna untuk cat eksterior dan interior.

www.pexels.com
  • Mengenal karakter warna

Anda juga harus tahu karakter setiap warna yang akan anda gunakan, misal saja putih adalah salah satu warna cat yang banyak dipilih orang, warna putih adalah warna yang netral dan mewah, warna putih bisa anda gunakan dan dipadukan dengan kombinasi warna lain yang ada pada furniture didalam rumah. Banyak juga yang menggunakan warna abu-abu, karena warna abu-abu membuat rumah tampak elegan.  Warna pastel juga menjadi incaran banyak orang,  warna ini menunjukkan sisi yang lembut.

  • Ketahui warna yang cocok untuk setiap ruangan

Ketahui dan kenali cat rumah minimalis yang cocok untuk setiap ruangan, karena didalam rumah terdiri dari beragam ruangan yang memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Di antaranya ada ruang tamu, ruang tamu merupakan ruang yang sangat penting dan harus ada didalam rumah, ruang tamu digunakan sebagai ruang untuk mempersilahkan tamu datang, ruangan ini biasanya terletak dibagian rumah yang paling depan, dan warna yang cocok untuk ruang tamu adalah warna yang netral seperti putih, bisa juga dikombinasikan dengan warna lain seperti pastel, sebaiknya anda hindari warna gelap karena akan terkesan kaku. Untuk warna ruang keluarga atau ruang makan yang paling cocok adalah warna yang cukup cerah seperti warna orange, merah, kuning, dan lainnya, anda juga bisa mencoba warna pastel dan warna hijau. Untuk cat ruang tidur yang cocok adalah warna favorit diri sendiri, anda bisa berkreasi dengan warna kesayangan anda, warna cerah seperti ungu, pink, merah sangat cocok untuk dicoba, dengan memilih bedroom paint yang cocok akan membantu waktu istirahat anda maksimal. Untuk bagian dapur yang cocok adalah warna yang mampu memberikan rasa nyaman, contohnya adalah cokelat, orange dan warna lainnya. Dan untuk warna kamar mandi, warna hijau dan biru cocok dipillih karena memberikan kesan bersih.

  • Perawatan cat

Selanjutnya yang harus diperhatikan untuk menjaga cat agar tetap indah dan tahan lama adalah dengan melakukan perawatan yang tepat, ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk merawat cat, di antaranya adalah sebaiknya penggunaan cat  memiliki jarak 5 cm dari tanah, anda bisa menyambungkannya dengan keramik atau benda lainnya, karena cat yang langsung menyentuh tanah akan mudah rusak karena lembab. Dengan suhu lembab tersebut maka cat akan mudah mengelupas dan pudar.

www.pexels.com

Kombinasi Cat Terbaik Rumah Minimalis

Dengan memilih cat rumah minimalis yang tepat, maka rumah akan tampak indah, mewah, megah, dan pastinya sedap dipandang mata, penghuni rumah juga akan lebih betah berada di rumah. Berikut ini adalah beberapa kombinasi yang bisa anda terapkan di rumah minimalis anda :

  • Kombinasi warna putih dan biru cerah

Kombinasi warna putih dengan warna biru cerah bisa menjadi pilihan anda, dengan warna ini maka akan menghasilkan warna biru yang sangat cantik, warna ini juga sama dengan warna pastel yang sangat lembut dan meneduhkan. Warna ini juga akan memberikan kesan yang sejuk untuk penghuninya.

  • Kombinasi warna putih dan hijau terang

kombinasi warna ini akan menghasilkan warna hijau muda, warna ini adalah warna pastel, warna ini sangat cocok untuk interior dan eksterior rumah. Memilih warna ini akan memberikan kesan yang sejuk dan asri, sehingga penghuninya juga akan lebih betah di rumah.

  • Kombinasi putih dan merah terang

Sangat cocok anda pilih jika menyukai warna terang, kombinasi dua warna ini sangat cocok anda coba, bisa juga anda terapkan dikamar anak perempuan, karena warna ini menandakan cinta dan feminism.

  • Kombinasi warna putih dan coklat tua

Jika anda memilih dua warna ini maka akan terlihat kesan natural namun klasik, warna ini juga termasuk warna yang lembut yang membuat rumah semakin tampak klasik dan elegan, dan pastinya akan membuat anda dan keluarga merasa nyaman dan tenang.

  • Kombinasi warna putih dan kuning terang

warna kombinasi putih dan kuning terang juga bisa menjadi pilihan cerdas untuk cat rumah minimalis anda, warna ini memiliki sifat yang terang namun lembut, bahkan warna ini mampu merangsang daya pikir anak.

  • Kombinasi warna putih dan ungu tua

Bagi anda yang menyukai warna pastel maka warna putih dan ungu tua bisa dijadikan pilihan, cocok juga diaplikasikan pada interior dan eksterior rumah. Warna ungu ini juga akan memberikan kesan imajinatif yang tinggi.

  • Kombinasi warna putih dan abu-abu.

Kombinasi warna putih dan abu-abu ini juga menjadi favorit banyak orang, karena warna ini akan menciptakan kesan rumah yang elegan dan mewah. Warna kombinasi ini akan sering anda jumpai di perumahan-perumahan yang ada disekitar kita, cocok juga diaplikasi di dinding interior maupun eksterior.

www.pexels.com

Cara Mengecat Yang Baik

Memilih cat rumah minimalis harus benar hati-hati, agar hasilnya tidak mengecewakan, selain itu untuk mendapatkan hasil yang maksimal, mengecat  tidak bisa dilakukan dengan asal-asal, ada beberapa hal yang harus anda ketahui, diantaranya adalah bersihkan dinding terlebih dahulu, pastikan dinding terbebas dari debu, anda bisa membersihkannya dengan menggunakan air deterjen, sebaiknya gunakan spon dan gosok hingga bersih. Jangan lupa untuk melindungi pembatas antara dinding dan lantai, anda bisa melindungi juga bagian lainnya dengan lakban, jika sudah selesai maka bisa melepasnya. Tips atau cara selanjutnya adalah menutup retakan yang ada pada dinding terlebih dahulu, sebaiknya gunakan kuas yang kecil, karena alat seperti roller sulit digunakan disemua dinding, sebaiknya gunakan teknik Zig Zag dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan secara berulang-ulang. Jika hasil kurang memuaskan maka sebaiknya ulangi lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *