Tips Hemat Pulsa yang Mudah untuk Dilakukan

Bisnis

Hidup tanpa gadget merupakan hal yang mustahil untuk dilakukan. Di era yang serba canggih ini, masyarakat hanya dapat menjalankan kehidupannya dengan baik jika memiliki sebuah gadget. Karena peran gadget yang sangat penting bagi masyarakat saat ini, segala macam kebutuhan yang berkaitan dengan gadget perlu untuk dipenuhi dengan baik. Salah satu kebutuhan pokok yang berkaitan dengan gadget adalah kebutuhan akan pulsa.

Gadget hanya dapat digunakan untuk kepentingan berkomunikasi dan berselancar di dunia maya jika gadget tersebut dilengkapi dengan pulsa. Karena ketergantungan gadget akan pulsa, masyarakat harus mengeluarkan dana lebih untuk membeli pulsa dengan jumlah tertentu. Jika Anda merupakan sosok pengguna gadget, Anda pastinya mengetahui seberapa besar dana yang harus Anda keluarkan untuk membeli pulsa. Agar Anda tidak harus mengeluarkan dana yang besar setiap bulannya untuk membeli pulsa, Anda harus melakukan penghematan pulsa dengan baik. Penghematan pulsa dapat dilakukan dengan berbagai cara tanpa harus mematikan daya gadget Anda.

www.pexels.com

Tips Hemat Pulsa yang Umum Dilakukan

Mematikan mode data di saat tidak digunakan menjadi salah satu tips hemat pulsa yang biasa dilakukan oleh para pengguna gadget. Jika Anda memperhatikan dengan baik, para pengguna gadget sering kali mengaktifkan layanan mode data meskipun layanan data internet tidak mereka gunakan. Agar pulsa tidak tersedot dengan cepat, data internet sebaiknya diaktifkan pada waktu tertentu saja. Anda dapat mengaktifkannya pada jam kerja dan mematikannya pada malam hari ketika Anda tidur dan tidak menggunakan kembali data internet tersebut. Tidak hanya itu, tips lainnya yang dapat Anda lakukan untuk menghemat pulsa dapat dilakukan dengan cara di bawah ini:

  • Memilih paket internet yag sesuai dengan kebutuhan

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa gadget di era modern saat ini dimanfaatkan untuk melakukan aktifitas di dunia maya. Meskipun memiliki tujuan yang sama, kebutuhan akan paket internet untuk masing-masing orang tidaklah sama. Jika Anda tidak ingin mengeluarkan dana untuk membeli pulsa dalam jumlah besar, Anda harus pandai dalam menilai seberapa besar paket internet yang Anda butuhkan. Jika Anda merupakan seorang pecinta game, Anda dapat memilih paket internet unlimited. Paket internet unlimited dapat digunakan sepuasnya tanpa harus mengkhawatirkan kehabisan paket internet dan boros pulsa.

www.pexels.com
  • Memilih operator yang sesuai

Operator telpon seluler di Indonesia memiliki jumlah yang banyak dan memberikan tawaran layanan yang berbeda-beda. Jika Anda ingin mendapatkan layanan memuaskan tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar, Anda harus memilih operator yang memberikan tawaran layanan dengan tarif yang murah. Operator yang Anda pilih sebaiknya memiliki jaringan yang kuat sehingga Anda tidak kesulitan untuk mendapatkan sinyak operator yang telah Anda pilih. Pencarian sinyal sendiri akan memberikan dampak bagi para pengguna jaringan internet. Semakin sulit sinyal operator ditemukan, semakin boros penggunaan paket data. Karena itulah, Anda harus pintar-pintar memilih operator yang tepat.

Tips hemat pulsa lainnya yang umum dilakukan adalah dengan memanfaatkan fasilitas wifi. Dengan jaringan wifi, Anda dapat berseluncur di dunia maya secara gratis. Anda tidak harus membeli pulsa terlebih dahulu untuk memanfaatkan jaringan wifi. Anda bahkan dapat menggunakan jaringan wifi tanpa adanya pulsa yang tersedia pada gadget Anda. Sebelum menggunakan jaringan wifi, Anda tentunya harus mengetahui sandi wifi yang diterapkan di tempat-tempat tertentu. Tanpa sandi wifi, Anda akan kesulitan untuk terhubung dengan internet secara gratis. Selain memanfaatkan wifi, Anda sebaiknya memilih operator yang sama dengan orang-orang yang sering Anda hubungi. Operator akan memberikan layanan dengan harga yang murah jika pelanggannya melakukan interaksi dengan pelanggan yang sama. Jika Anda berhubungan dengan orang lain yang menggunakan operator yang berbeda, Anda tentunya akan dikenakan biaya atau tarif berkomunikasi yang lebih mahal.

www.pexels.com

Hemat Pulsa dengan Menggunakan Gadget dan Kartu Perdana Ganda

Selain tips hemat pulsa yang telah disebutkan sebelumnya, Anda dapat melakukan penghematan pulsa dengan memanfaatkan gadget dan kartu perdana ganda. Sesuai dengan kebutuhan dan banyaknya aktifitas masyarakat saat ini, bukan hal yang aneh jika seseorang menggunakan gadget ganda. Dengan menggunakan 2 buah gadget, Anda dapat melakukan penghematan pulsa. Anda dapat menggunakan salah satu gadget yang dilengkapi dengan paket internet murah dan kemudian memanfaatkan tethering untuk gadget lainnya. Fitur tethering sendiri memiliki fungsi yang serupa dengan wifi. Dengan fitur tethering, Anda dapat melakukan penghematan pulsa dan mengontrol kebutuhan paket data. Selain menggunakan 2 buah gadget, Anda dapat pula menggunakan 2 buah kartu perdana yang berbeda untuk menghemat pengeluaran pulsa. Penggunaan 2 kartu perdana tersebut dapat digunakan untuk satu buah gadget. Agar dapat menghemat biaya pengeluaran pulsa, Anda dapat mengakali penggunaan 2 buah kartu perdana. Satu kartu perdana dapat Anda gunakan untuk layanan internet dan satu kartu perdana lainnya Anda gunakan untuk penggunaan normal. Karena satu buah kartu perdana digunakan untuk keperluan internet, Anda harus memilih kartu perdana yang berasal dari provider yang menawarkan tarif internet murah.

Ketika Anda menelepon, pastikan jika Anda berbicara dengan seperlunya saja. Dengan melakukan percakapan yang penting-penting saja, secara tidak langsung Anda melakukan penghematan akan pulsa. Jangan membicarakan hal-hal yang tidak perlu di telepon jika ingin hemat pulsa dan terhindar dari tagihan telepon yang membengkak. Jika Anda merupakan maniak dalam bertukar pesan singkat, Anda sebaiknya menggunakan singkatan setiap kali bertukar pesan. Singkatan yang digunakan harus dapat dimengerti oleh pihak penerima pesan singkat. Bertukar pesan dengan singkatan tertentu dapat membantu Anda dalam mengontrol pengeluaran pulsa. Setiap kali Anda mengirim pesan, Anda akan dikenakan biaya dengan tarif tertentu. Untuk menghemat pulsa ketika bertukar pesan, ada baiknya jika Anda memilih operator yang memberikan tawaran gratis SMS setelah melakukan pengiriman pesan dengan jumlah tertentu. Dengan cara ini, Anda dapat terus melakukan pertukaran pesan tanpa harus mengeluarkan pulsa dalam jumlah yang besar.

www.pexels.com

Tips lain yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol pengeluaran pulsa adalah dengan membuat batasan penggunaan pulsa setiap harinya. Dengan batasan penggunaan pulsa, Anda dapat mengetahui besar pulsa yang harus Anda keluarkan setiap harinya. Anda juga dapat mematikan fitur auto sync untuk menghemat biaya pengeluaran pulsa. Fitur auto sync sendiri merupakan fitur yang digunakan untuk mengupdate email terbaru. Fitur auto sync menjadi salah satu fitur yang boros akan paket data. Agar Anda tidak menghabiskan banyak biaya untuk membeli pulsa dan paket data, ada baiknya untuk mematikan fitur auto sync.

Untuk mengupdate email yang baru, Anda dapat melakukannya secara manual. Meskipun terbilang cukup merepotkan, mengupdate email secara manual menjadi keputusan yang tepat guna menghemat jumlah pengeluaran. Jika Anda menggunakan tips hemat pulsa yang dijelaskan di dalam artikel ini, Anda tentunya tidak harus melakukan hal-hal yang sulit hanya demi mengontrol jumlah pengeluaran pulsa Anda. Selain ulasan di atas, pulsa jadi uang tampaknya perlu anda ketehui karena hal ini bisa jadi sumber penghasilan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *