Daftar Lengkap Macam-macam iPhone

teknologi

iPhone telah menjadi produk unggulan dari Apple sejak memulai debutnya sekitar satu dekade yang lalu. Untuk versi terbaru, iPhone XS telah dluncurkan dengan “Flagship” yang memukau. Namun, ada desas-desus lain yang mengatakan bahwa iPhone selanjutnya akan memiliki teknologi yang akan mengejutkan dunia sekali lagi.

Bagi Anda para pecinta produk dari Apple ini, tentunya diperlukan informasi secara detail terkait macam-macam iPhone dari keluaran paling awal hingga paling baru untuk mendapatkan perbandingan terbaik sebelum membeli.

Nah, tanpa basa-basi lagi, situs kowawa.id kali ini akan memberikan daftar lengkap model iPhone dari versi awal hingga versi terbaru.

iPhone Asli

iPhone asli telah mulai merubah cara manusia berkomunikasi sejak tahun 2007. Layar multitouch dan keyboard digitalnya menjadikannya sebagai highlight terbaik.

Dilengkapi dengan koneksi Bluetooth 2.0 EDR, kamera 1.9 MP, 2.5G, dan Wi-fi sebagai gebrakan untuk teknologi baru pada masa itu.

Untuk dapur pacunya, iPhone asli memiliki Core Design ARM1176 X 1, CPU S5L8900, kecepatan CPU 400 MHz ARMV6.

Memang RAM yang disediakan hanya 128 MB, dan kapasitas memori internal sebesar 4/8/16 GB. Namun, ini merupakan tipe flagship pada saat itu.

www.pexels.com

iPhone 3G

Apple memutakhirkan iPhone asli pada 2008 dengan desain ulang yang lebih lengkap, dan dukungan terbaru untuk jaringan 3G yang memungkinkan penjelajahan web dan unduhan lebih cepat.

Hampir seluruh teknologi yang dimiliki iPhone 3G sama dengan iPhone asli, namun berbeda pada jaringan yang di support, dan dapur pacunya. Dapur pacu untuk iPhone 3G menggunakan Core Design : ARM 1176 X 1, dengan kecepatan CPU 412 MHz. Firmwarenya pun diperbarui.

iPhone 3GS

iPhone 3GS diluncurkan setahun setelah iPhone 3G, yakni di tahun 2009. Huruf “S” disini dimaksudkan untuk “Speed” yang berarti kecepatan. iPhone tipe ini menampilkan prosesor yang lebh cepat dari pendahulunya, dan mampu berselanjar di jaringan 3G dengan lebih cepat. Pada saat itu, kecepatannya mendekati 4G.

Dapur pacu yang digunakan adalah ARM Cortex-A8 X 1 dengan kecepatan pemrosesan 620 MHz. Untuk firmware diperbarui ke versi 3.

Ada tambahan lain yaitu resolusi kamera di perbesar hingga 3.1 MP, dan support untuk perekaman video hingga 480p30.

www.pexels.com

iPhone 4

iPhone 4 diluncurkan pada tahun 2010, dengan memperkenalkan desain ulang yang unik. Kali ini, iPhone 4 hadir dengan bodi kaca, dan merupakan versi iPhone pertama kali yang mengadopsi “Retina Display” yang tajam, dan dukungan untuk FaceTime.

Dapur pacunya hampir sama dengan iPhone versi sebelumnya, hanya saja kecepatan ditingkatkan menjadi 800 MHz.

iPhone 4 juga menjadi ponsel Appel pertama yang mengadopsi kamera depan dengan resolusi 0.3 MP dan support perekaman video 480p30. Sedangkan untuk kamera belakang ditingkatkan menjadi 5.0 MP dan support untuk perekaman video 720p30.

iPhone 4S

Rilis versi ini dilakukan pada tahun 2011. Namun, kali ini huruf “S” tidak mewakili kecepatan, tetapi mewakili “Siri”, yakni asisten suara baru Appel. iPhone 4S juga menampilkan kamera yang lebih baik menjadi 8.0 MP, dan tampilan layar yang lebih tajam.

Dapur pacunya pun juga diperbarui dengan versi ARM Cortex-A9 X 2, dengan kecepatan 800 MHz.

iPhone 5

Dengan iPhone 5 yang diluncurkan pada 2012, Apple sekali lagi menggeser desain iPhone-nya. Perubahan terjadi dari port pengisian 30-pin ke port Lightning yang kita kenal saat ini. Lalu, iPhone 5 juga telah menambahkan dukungan LTE untuk jaringan 4G terbaru.

Pembaruan juga dilakukan di kamera depan dengan menaikkan resolusinya ke 1.2 MP, dan support perekaman video hingga 720p30.

Dapur pacunya kali ini di isi dengan Core Design Swift X 2 yang memiliki kecepatan pemrosesan sebesar 1.2 GHz.  RAM-nya pun ditingkatkan menjadi 1 GB, serta support storage menjadi 16/32/64 GB.

www.pexels.com

iPhone 5c

iPhone 5c diperkenalkan pada tahun 2013 dan dipasarkan sebagai iPhone Appel dengan harga yang terjangkau. Namun, iPhone tipe ini tidak menawarkan penyimpanan sebanyak iPhone tipe lainnya, dan juga tidak memiliki Touch ID.

Untuk spesifikasi iPhone 5c hampir sama dengan iPHone tipe sebelumnya. Hanya ada sedikit perbedaan yaitu di kapasitas baterai dan tipe firmware yang digunakan.

iPhone 5S

iPhone 5s juga diluncurkan pada tahun 2013, dan menjadi iPhone pertama yang mendukung teknologi Touch ID, teknologi pembaca sidik jari Apple. Selain itu, iPhone ini juga dilengkapi dengan prosesor gerak M7 yang memungkinkan pengguna melacak aktifitas mereka sepanjang hari.

Untuk spesifikasi lainnya masih sama dengan versi sebelumnya, kecuali prosesor Apple Cyclone X 2.

iPhone 6 dan iPhone 6 Plus

Apple meluncurkan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus pada tahun 2014. iPhone 6 Plus adalah versi “Phablet” atau smartphone layar besar yang cukup trendi pada saat itu.

Keduanya adalah perangkat pertama yang mendukung Apple Pay.

iPhone 6 Plus memiliki kamera yang lebih canggih dengan stabilisasi gambar optik untuk membantu pengguna mengambil gambar yang lebih jernih. Selain itu, fitur unik perekaman slow motion juga diimplementasikan pada iPhone tipe ini.

Meskipun iPhone tipe ini cukup terkenal, namun ada berbagai keluhan yang terjadi pada versi awal peluncuran.

www.pexels.com

iPhone 6s dan iPhone 6s Plus

iPhone 6s dan iPhone 6s Plus diperkenalkan pada tahun 2015. Mereka adalah ponsel pertama yang mendukung jaringan LTE-Advanced, dan juga tampilan 3D Touch baru dari Apple. Layar jenis ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan / mencari informasi dari menu tambahan dengan sedikit sentuhan. Apple membuat ponsel ini lebih kuat untuk mencegah keluhan seperti yang dialami iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

iPhone SE

iPhone SE diciptakan untuk orang-orang yang masih suka dengan perangkat Apple dengan layar yang lebih kecil.

Apple memperkenalkan iPhone SE pada tahun 2016. Ini menawarkan sebagian besar fitur unggulan, melalui layar kecil (sekitar 4 inch).

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus mempertahankan desain yang diperkenalkan oleh iPhone 6, dan dibawah melalui iPhone 6s. Ini adalah saat pertama kali untuk Apple yang tidak merubah desain ponselnya selama 2 tahun berturut-turut.

iPhone 7 Plus memiliki sistem dual-kamera yang canggih. Dengan kamera depan sebesar 7 MP, dan kamera belakang dengan resolusi 2×12.2 MP, dan support hingga perekaman 4K-2160p30, ini adalah smartphone khusus untuk para pecinta fotografi.

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus memiliki spesifikasi total hampir sama dengan versi sebelumnya. Hanya saja, dapur pacunya sekarang ditangani oleh Core Design Apple Monsoon X 2 dan Apple Mistral X 4 yang tentunya menawarkan kecepatan pemrosesan yang lebih tinggi.

www.pexels.com

iPhone X Series

iPhone X series, termasuk iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, memiliki spesifikasi yang hampir sama. Hanya saja, beberapa peningkatan dari versi ini terfokus pada kapasitas baterai, kecepatan, dan support untuk storage.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *