Jangan Sampai Nyesal Setelah Potong Rambut, Ini Dia Tips-Tipsnya

Kesehatan

Potong rambut adalah sebuah rutinitas yang perlu dilakukan setiap interval beberapa waktu sekali. Para pria umumnya punya interval memotong rambut yang lebih sering dibandingkan wanita karena tuntutan rambut yang harus selalu rapi. Memotong rambut ini bagi sebagian orang bisa menjadi hal yang biasa karena sudah terlalu seringnya dilakukan. Tapi, bagi sebagian yang lain memangkas rambut ini bisa menjadi hal istimewa sehingga perlu dipertimbangkan dengan khusus. Hal ini karena penampilan rambut adalah bagian penting dari keseluruhan tampilan seseorang. Model rambut bisa sangat berpengaruh kepada tampilan wajah.

Pertimbangan dalam Memotong Rambut?

Terkadang Anda pasti pernah bingung apakah sudah waktunya untuk memangkas rambut Anda ataukah belum. Memang, ada banyak sekali alasan dibalik keputusan untuk memangkas rambut, diantaranya:

  • Rambut sudah terlalu panjang

Baik pria maupun wanita banyak yang memotong rambut dengan alasan rambut yang sudah terlalu panjang. Bagi pria, rambut yang panjang atau gondrong dapat membuat kepala menjadi kurang nyaman ataupun membuat tampilan menjadi kurang rapi. Bagi wanita, khususnya yang berjilbab, rambut yang terlalu panjang juga bisa membuat sedikit repot. Rambut yang terlalu panjang membutuhkan perawatan ekstra serta menuntut Anda untuk selalu mengikatnya setiap hari supaya tidak terlihat dan tertutup sempurna dengan jilbab. Padahal rambut yang sering diikat bisa membuat kondisi rambut menjadi kurang sehat dan memicu kerusakan rambut.

  • Tuntutan kewajiban

Bagi mereka yang menempuh pendidikan ataupun berprofesi sebagai polisi misalnya, memotong rambut sesuai dengan aturan yang berlaku adalah sebuah kewajiban. Biasanya ada ketentuan khusus untuk memotong rambut, seperti model ataupun ukuran potongannya. Adanya aturan ini menuntut mereka yang berprofesi atau sedang menempuh pendidikan tertentu wajib mendatangi tukang cukur secara berkala guna merapikan rambut.

  • Rambut rusak atau rontok yang berlebih

Selain alasan yang memang datang dari keinginan si pemilik rambut ada pula alasan lain yang mau tidak mau mengharuskan seseorang untuk memotong rambut indahnya. Salah satunya adalah rambut yang rusak maupun rontok yang berlebihan. Rambut rusak bisa terjadi karena pernah melakukan pewarnaan, pelurusan ataupun styling rambut yang menggunakan bahan kimiawi ataupun panas yang berlebih. Akibatnya rambut menjadi tidak sehat, rapuh, kusam bahkan rontok. Kalau hal ini sudah terjadi biasanya salah satu pilihan yang bisa dilakukan adalah dengan memotong rambut rusak tersebut dan membiarkan rambut yang baru tumbuh dengan kondisi yang lebih sehat.

  • Bosan dengan model rambut yang dimiliki

Jika Anda termasuk seseorang yang suka mencoba hal baru dan cepat bosan dengan kondisi yang ada maka mungkin Anda akan memangkas rambut karena sudah bosan dengan model rambut yang Anda punyai sekarang. Rasa bosan ini bisa timbul jika Anda sudah menggunakan model rambut yang sama selama kurun waktu yang cukup lama. Tidak ada salahnya mencoba berbagai model rambut selama Anda merasa nyaman, percaya diri dan juga tidak membuat kondisi rambut menjadi rusak.

www.pexels.com

Manfaat Memangkas Rambut secara Rutin

Secara umum memang tidak ada aturan yang baku mengenai berapa interval waktu yang tepat untuk memotong rambut baik untuk pria maupun wanita. Tapi ternyata rutin memangkas rambut punya manfaat tersendiri yang akan membuat kondisi rambut menjadi lebih baik. Manfaat memotong rambut secara rutin ini diantaranya:

  • Membuat rambut tumbuh lebih panjang dengan waktu yang lebih cepat

Anda pasti pernah menyadari kalau rambut yang tadinya pendek akan tumbuh lebih cepat setelah dipotong. Hal ini bisa terlihat cukup jelas pada rambut bayi. Rambut bayi yang tadinya pendek biasanya akan tumbuh menjadi lebih panjang setelah dilakukan pencukuran. Rutin memotong rambut akan mengaktifkan pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat.

  • Membuat rambut menjadi lebih tebal

Selain membuat rambut tumbuh lebih cepat, memotong rambut juga bisa membuat rambut menjadi lebih tebal. Rambut yang tadinya tipis dan halus bisa tumbuh menjadi lebih tebal setelah dipotong. Rambut yang sudah tumbuh lama di kulit kepala bisa menjadi rapuh dan rontok, ini kemudian menyebabkan rambut menjadi tipis. Berbeda dengan Anda yang berambut pendek atau baru saja memotong rambut. Biasanya tampilan rambut akan terlihat lebih tebal dan bervolume.

  • Menghilangkan rambut bercabang

Rambut bercabang adalah salah satu masalah rambut yang sering dijumpai baik pria maupun wanita. Rambut bercabang bisa terjadi karena kerusakan rambut yang bisa terjadi karena faktor kesalahan perawatan rambut ataupun kondisi paparan lingkungan sekitar. Rambut bercabang bisa muncul jika rambut jarang diberikan perawatan yang baik seperti jarang dinutrisi. Selain itu kesalahan perawatan lain bisa terjadi karena terlalu sering menstyling rambut dengan alat catok, terlalu sering mengeringkan rambut dengan hair dryer ataupun menggunakan alat lainnya yang mengeluarkan panas. Salah memakai produk perawatan serta tindakan pewarnaan rambut juga bisa memicu rambut bercabang. Ketika rambut bercabang muncul maka tampilan rambut tentu akan terlihat kurang maksimal. Di sinilah pentingnya rutin memotong rambut, walaupun hanya memotong sedikit di bagian ujungnya. Memotong bagian ujung rambut akan membuat rambut bercabang menjadi hilang dan rambut tidak mudah kusut.

  • Membuat penampilan lebih up to date

Siapa yang tidak ingin selalu tampil kece di setiap kesempatan. Gaya rambut menjadi salah satu yang menentukan kesempurnaan tampilan wajah. Tidak heran banyak orang rajin mengikuti tren gaya rambut terbaru dan rutin memotong rambutnya mengikuti gaya yang sedang digandrungi masyarakat.

www.pexels.com

Tips Memangkas Rambut

Kalau sudah tahu apa saja manfaat rutin memangkas rambut, sekarang saatnya untuk mengetahui apa saja tips-tips yang perlu dilakukan sebelum memotong rambut supaya Anda tidak menyesal setelah mendapatkan hasilnya. Berikut tips memangkas rambut kesayangan yang perlu Anda ketahui;

  • Pahami apa bentuk wajah Anda untuk bisa disesuaikan dengan bentuk dan gaya rambut pilihan

Bentuk wajah sangat penting untuk jadi bahan pertimbangan pemilihan model atau gaya rambut. Carilah model rambut yang bisa membuat kekurangan Anda tersamarkan dan bisa menonjolkan kelebihan yang ada di fitur wajah Anda. Misalnya bagi Anda pemilik wajah bulat hindari model-model rambut yang justru bisa membuat tampilan wajah terlihat semakin bulat. Berikut ini beberapa referensi gaya rambut disesuaikan dengan bentuk wajahnya:

  1. Bentuk wajah bulat

Para pemilik wajah bulat perlu mempertimbangkan model rambut dengan benar sebelum memotongnya, terlebih kalau tidak ingin wajah semakin terlihat bulat dan chubby. Pilihlah gaya rambut yang bisa menyamarkan kebulatan wajah dan membuatnya menjadi terlihat seakan-akan lebih tirus. Contoh model rambut yang bisa meniruskan wajah diantaranya model rambut dengan poni samping, mix layer serta potongan model shaggy.

  1. Bentuk wajah oval

Para pemilik wajah oval boleh sedikit bersyukur karena bentuk wajah ini cenderung sesuai dengan banyak gaya rambut. Para pemilik wajah oval cenderung lebih fleksibel dalam memilih model rambut karena hampir semua bisa masuk dan terlihat pas di wajah. Jika Anda berwajah oval Anda bisa memilih model rambut untuk membuat wajah terlihat lebih bulat atau bahkan memilih model rambut yang dapat semakin menonjolkan fitur wajah oval Anda.

  1. Bentuk wajah kotak

Sebagian orang memiliki wajah dengan bentuk kotak dengan sudut-sudut yang tegas. Wajah berbentuk kotak ini bisa menjadi hal mengganggu bagi sebagian orang hingga membuat mereka berusaha untuk menyamarkannya. Salah satu cara menyamarkan bentuk wajah yang kotak adalah dengan memotong rambut menggunakan model yang sesuai. Para pemilik wajah kotak bisa memilih model rambut dengan poni di bagian samping. Buatlah potongan rambut yang membuat wajah seolah-olah berbentuk oval ataupun lonjong. Hindari potongan yang semakin menunjukkan bentuk wajah Anda seperti potongan tanpa poni dengan belahan rambut di bagian tengah.

  1. Bentuk wajah menyerupai hati

Selain bentuk bulat, oval dan kotal ada pula bentuk wajah lainnya yaitu wajah yang menyerupai bentuk hati. Para pemilik bentuk wajah ini biasanya memiliki bagian rahang yang cukup tegas dengan dagu yang meruncing. Bentuk wajah hati ini cocok dengan banyak jenis gaya rambut termasuk gaya rambut pendek maupun panjang. Salah satu model yang cocok untuk bentuk wajah ini adalah model rambut bob yang panjangnya bisa disesuaikan dengan keinginan.

www.pexels.com
  1. Bentuk wajah segitiga

Bentuk wajah selanjutnya adalah bentuk segitiga yang biasanya dicirikan dengan dagu yang panjang dan jarak antar pelipis yang lebar. Bentuk wajah ini cocok dengan model rambut yang asimetris yang sedang trendy beberapa waktu terakhir. Selain itu model shaggy juga cocok diterapkan pada wajah dengan bentuk segitiga dan bisa membuat tampilan menjadi semakin sempurna.

  • Pilih gaya rambut yang sesuai dengan tekstur dari rambut Anda

Tidak semua gaya rambut cocok untuk semua model rambut. Mungkin Anda pernah meniru gaya rambut seseorang tapi setelah hasilnya jadi justru tampilan yang didapatkan malah berbeda jauh. Hal ini bisa terjadi karena tidak semua gaya rambut cocok untuk tekstur rambut tertentu. Anda perlu menyesuaikan pilihan model rambut dengan tekstur rambut yanf Anda miliki. Niat hati meniru gaya rambut idola justru bisa berakibat mendapatkan tampilan rambut yang tidak sesuai impian. Contohnya Anda ingin punya rambut pendek sebahu yang terlihat rapi dengan model bob seperti yang dimiliki oleh orang dengan rambut lurus sedangkan Anda punya tipe rambut yang keriting mengembang. Tentu hasil yang didapatkan tidak akan sama apabila Anda memotong rambut sebahu dengan model serupa. Ketahui kriteria rambut Anda dan pilihlah model gaya rambut yang spesifik untuk tekstur dan kriteria rambut yang Anda miliki.

  • Lihat referensi gaya rambut dari orang-orang ataupun sumber lain seperti majalah

Sebelum memilih gaya rambut yang tepat ketika memotong rambut biasanya Anda akan kesulitan membayangkan hasil yang nantinya didapatkan kalau tidak melihat gambaran dari gaya rambut tersebut. Untuk itu sebaiknya cobalah mencari referensi gaya rambut dengan melihat contoh-contoh foto atau gambar supaya Anda bisa membayangkan langsung bagaimana model rambut tersebut akan terlihat pada tampilan Anda. Anda bisa mencari referensi dari majalah, katalog yang ada di salon ataupun berkiblat pada model rambut artis atau tokoh terkenal lainnya.

  • Coba tanyakan kepada penata rambut profesional yang Anda temui di salon

Ketika bingung menentukan mana model rambut yang paling tepat maka Anda bisa meminta bantuan pada orang yang lebih paham dan mengerti masalah model serta hal-hal terkait pemotongan rambut. Anda bisa berkonsultasi kepada penata rambut di salon sebelum Anda mulai memotong rambut. Mintalah saran mengenai model rambut yang paling sesuai dengan wajah Anda dan dengan kondisi rambut Anda.

  • Pahami gaya hidup dan kebiasaan Anda

Mungkin sebagian dari Anda akan mempertanyakan apa hubungan antara gaya rambut dengan kebiasaan serta gaya hidup. Keduanya punya korelasi yang penting untuk dipertimbangkan di awal sebelum memutuskan untuk memangkas rambut Anda. Pilihlah gaya rambut yang pas dengan kebiasaan Anda sehari-hari. Contohnya bagi Anda yang suka segala sesuatu yang praktis serta tidak punya waktu lama untuk mempersiapkan rambut di pagi hari sebelum beraktivitas akan lebih baik untuk mengguhnakan gaya rambut yang praktis. Gaya rambut praktis ini bisa Anda gunakan sehari-hari tanpa perlu repot untuk menatanya setiap pagi. Selain itu bagi para atlet atau olahragawan misalnya, model rambut pendek tentu akan jauh lebih nyaman dan mudah perawatannya dibandingkan dengan rambut panjang. Jangan sampai Anda salah memilih gaya rambut yang justru membutuhkan perawatan dan waktu lebih untuk penataannya dan bisa menghambat aktivitas sehari-hari.

www.pexels.com

Tips Mendapat Gaya Potongan Rambut sesuai Keinginan

Nah, kalau sudah menemukan model rambut yang paling sesuai sekarang saatnya Anda melakukan proses pemotongan rambut. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan selama proses pemotongan rambut supaya hasil yang didapatkan sesuai dengan apa yang Anda inginkan:

  • Tunjukkan gambar kepada penata rambut

Sebaiknya tunjukkan gambar model rambut yang Anda inginkan kepada penata rambut. Tindakan ini bisa membuat penata rambut dapat mengerti sepenuhnya seperti apa model yang Anda inginkan. Kalau bisa tunjukkan gambar yang menyeluruh dari bagian depan hingga bagian belakang dari potongan rambut yang diinginkan.

  • Sampaikan keinginan Anda dengan jelas

Anda tentu perlu untuk mengkomunikasikan apa yang Anda inginkan kepada penata rambut Anda. Sampaikan dengan jelas model yang Anda inginkan beserta dengan informasi lainnya seperti ukuran panjang, tebal ataupun detail-detail khusus yang Anda inginkan. Jangan ragu untuk menyampaikan keinginan Anda agar penata rambut bisa lebih terarah dalam menata rambut Anda. Anda pun bisa mendapatkan masukan dari penata rambut terkait dengan model rambut yang Anda inginkan.

  • Duduk tegak tanpa menyilangkan kaki

Posisi duduk juga sangat berpengaruh ketika memotong rambut. Sebaiknya duduklah dengan tegak dengan posisi tubuh yang lurus. Hindari duduk dengan menyilangkan kaki karena posisi ini bisa membuat tubuh menjadi miring. Posisi tubuh yang miring bisa mempengaruhi hasil pemotongan dan membuat rambut terlihat miring ke salah satu sisi. Posisi kepala juga dipertahankan tegak dengan memandang lurus ke depan jangan menunduk ataupun terlalu mendongak ke atas supaya penata rambut tidak kesulitan ketika memotong.

  • Siapkan diri dengan hasil apapun yang didapatkan

Terkadang penata rambut kurang bisa mewujudkan apa yang diinginkan oleh konsumennya. Sebagai konsumen Anda memang punya hak untuk mengajukan komplain dengan hasil yang diperoleh jika tidak sesuai dengan keinginan. Akan tetapi Anda pun perlu bersikap realistis bahwa hasil potongan rambut yang didapatkan sangat berpotensi untuk berbeda dengan gambar contoh yang Anda gunakan sebagai acuan. Maka dari itu penting untuk mendiskusikan lebih dulu tentang apa keinginan Anda dengan saran serta gambaran yang dimiliki oleh sang penata rambut profesional.

  • Mintalah saran tentang cara perawatan dan penataan rambut yang tepat

Setelah selesai memotong rambut Anda pun bisa meminta saran-saran kepada penata rambut mengenai perawatan yang tepat serta cara penataan rambut supaya selalu terlihat apik. Jangan sampai Anda melewatkan kesempatan untuk bisa berkonsultasi langsung kepaad penata rambut profesional yang memang paham dengan seluk beluk perawatan rambut ini.

www.pexels.com

Cara Merawat Rambut

Untuk mendapatkan rambut yang bagus dengan tampilan yang sempurna tidak hanya berakhir pada tahap pemotongan saja. Anda tetap perlu melakukan perawatan rambut yang intensif supaya model rambut yang sudah dibuat sesuai keinginan Anda bisa tampil sempurna. Model rambut apapun akan terlihat bagus apabial kondisi rambut memang sudah bagus dan terawat. Berikut ini beberapa cara merawat rambut yang benar pasca Anda memotong rambut Anda:

  • Melakukan perawatan rambut yang disesuaikan dengan model rambut pilihan

Beda model rambut maka beda pula perawatannya. Setelah Anda memotong rambut dengan model tertentu sesuaikan perawatan dengan gaya rambut Anda saat ini. Perawatan rambut yang salah justru akan membuat rambut yang sudah dipotong dengan model sedemikian rupa menjadi berkurang keindahannya.

  • Jangan terlalu sering keramas

Keramas ataupun mencuci rambut memang baik untuk membersihkan rambut dari debu dan kotoran. Tetapi terlalu sering keramas justru bisa membuat rambut menjadi kering dan berkurang kelembabannya. Rambut yang terlalu sering dikeramas bukannya semakin berkilau justru bisa terlihat kusam. Anda cukup membersihkan rambut sesuai dengan kondisi rambut Anda.

  • Hindari trimming rambut sendiri setelah memotong rambut di salon

Trimming atau merapikan rambut dengan memotongnya sedikit di bagian ujung dapat dilakukan ketika rambut sudah mulai bercabang ataupun kering di ujungnya. Ketika Anda belum lama memotong rambut di salon sebaiknya hindari untu melakukan trimming sendiri karena justru bisa merusak model rambut yang sudah diciptakan oleh penata rambut sebelumnya.

  • Lakukan perawatan rambtu secara rutin

Pertahankan keindahan rambut Anda dengan rutin merawat rambut dengan tepat. Merawat rambut bisa dilakukan dengan rutin menggunakan shampo dan kondisioner yang sesuai dengan kondisi rambut. Selain itu Anda pun bisa melakukan perawatan lain seperti creambath ataupun menggunakan masker rambut beberapa waktu sekali untuk semakin memberikan nutrisi kepada rambut Anda.

Rambut sebagai salah satu bagian tubuh memang perlu dirawat dengan baik supaya bisa tetap sehat dan indah. Baik pria maupun wanita perlu untuk melakuakn langkah perawatan rambut yang bisa dilakuakn di salon dengan bantuan profesional ataupun dilakukan di rumah menggunakan produk-produk perawatan rambut yang dapat dengan mudah ditemukan di pasaran. Model rambut apapun bisa terlihat bagus asalkan rambut tumbuh dengan sehat dan lebat. Masalahnya tidak semua orang memiliki kondisi rambut yang baik, ada sebagian yang memiliki masalah rambut salah satunya rambut tipis dan kebotakan. Masalah ini harus segera diatasi supaya tidak mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Caboki adalah produk perawatan rambut yang berupa serat pengganti rambut. Produk ini bermanfaat untuk mengatasi masalah kebotakan dengan menutupi rambut yang tipis. Caboki dibuat dengan bahan-bahan yang aman sehingga tidak berpengaruh terhadap kondisi rambut dan tidak merusak rambut. Produk ini pun hanya digunakan di luar sehingga aman untuk tubuh dan tidak mendatangkan efek samping apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *