Tombol-Tombol Pada Remote AC Sharp Beserta Tips Cara Menggunakannya

teknologi

Salah satu merek AC terbaik yang sangatlah laris di Indonesia adalah AC Sharp. Hal ini tentunya tidak mengherankan sama sekali mengingat AC ini mempunyai kualitas yang mumpuni dan juga mempunyai harga yang terjangkau. Banyak pula yang sudah merasakan kepuasan setelah meggunakan AC Sharp ini. Tentunya semua hal tersebut tidak terlepas dari pengaturan AC Sharp ini yang  sangatlah mudah yang mana diatur menggunakan remote khusus. Maka dari itulah mengetahui tombol-tombol pada remote AC Sharp ini beserta bagaimana tips cara menggunakannya adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Walaupun memang pada dasarkanya mengatur AC Sharp ini menggunakan remote tersebut sangatlah mudah, nyatanya masih banyak penguna AC ini yang belum mengetahui cara menggunakan remote ini. Akibatnya adalah kinerja dari AC Sharp ini yang menjadi tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal.  Pastinya hal ini membawa kerugian yang besar bagi Anda yang mempunyai AC tersebut.

Setiap tombol yang ada pada remote AC Sharp ini  mempunyai fungsi masing-masing yang digunakan untuk mengatur AC tersebut. Tak hanya itu saja, remote tersebut juga bisa digunakan untuk mengecek kerusakan yang terjadi pada AC. Setiap tombol yang ada pada remote dari AC Sharp juga sangatlah lengkap dan jelas sehingga membantu dalam mengatur AC.  Masalah yang biasanya terjadi pada remote dari AC Sharp ini adalah  baterai yang tidak terpasang dengan benar dan juga baterai yang lemah sehingga membuat remote ini tidak bisa digunakan. Untuk mengatasi baterai yang tidak terpasang dengan baik, Anda bisa melepaskan baterainya dan memasangnya kembali. Sedangkan untuk mengatasi baterai yang lemah, Anda bisa langsung mengantinya dengan yang baru. Nah, setelah Anda menegtahui semua hal ini, sekarang harus diketahui apa saja tombol yang ada pada remote dari AC Sharp yang telah disebutkan ini beserta dengan tips cara dalam menggunakannya.

www.pexels.com

Tombol-Tombol Pada Remote AC Sharp

Pada remote AC Sharp ini setiap tombol-tombolnya didesain dan ditata sedemikian rupa untuk memudahkan para penguna AC tersebut menggunakannya. Dengan mengetahui setiap fungsi tombol yang ada ini, Anda bisa lebih mudah dalam menggunakan remote tersebut dan nantinya berdampak pada kinerja AC Sharp yang maksimal serta memberikan keuntungan besar. Adapun berbagai tombol yang ada pada remote dari AC Sharp ini beserta fungsinya adalah sebagai berikut:

  1. On/Off

Tombol pertama yang ada pada remote dari AC Sharp ini adalah tombol On/Off. Tombol ini akan terletak pada ujung paling kanan dengan tanda bundar dan garis ditengahnya. Fungsi dari tombol ini adalah untuk pengoperasian dari AC Sharp tersebut apakan akan dihidupkan (On) atau dimatikan (off).  Untuk menggunakan tombol on/off pada remote dari AC Sharp ini yang perlu untuk Anda lakukan hanya tinggal untuk mengarahkan remote ini pada AC sambil memencet tombol tersebut. Ketika  AC aktif atau menyala maka akan muncul lampu operation berwarna merah. Tombol ini adalah tombol pertama yang akan dipencet tidak hanya untuk menyalakan saja tetapi tentunya apabila ingin mengatur AC pastinya diharuskan memencet tombol ini terlebih dahulu.

  1. Mode

Pada remote dari AC Sharp ini terdapat beberapa mode pengoperasiaan yang bisa dipilih oleh para pengunannya. Beberapa mode ini bisa dipilih dengan disesuaikan pada kebutuhan dan keadaaan sekitar.  Letak tombol ini terdapat pada tengah remote dari AC Sharp yang dikelilingi  oleh tombol-tombol lainnya. Anda tinggal mencari tombol yang  terdapat tulisan mode ditengahnya dan silahkan pencet tombol tersebut.  Tentunya untuk memilih salah satu dari mode di remote ini harus diketahui terlebih dahulu setiap modenya. Berikut adalah mode yang terdapat dalam pilihan remote dari AC Sharp tersebut:

  1. Cool Mode

Sama seperti dengan namanya, cool mode ini merupakan mode yang harus dipilih apabila ingin  diberikan hawa dingin (cool). Mode ini akan sangatlah tepat  untuk digunakan pada ruangan yang mempunyai ukuran sangatlah besar ataupun ruangan yang dipenuhi dengan orang-orang sehingga terasa penuh sesak. Pasalnya dengan mode ini bisa memberikan rasa dingin dan sejuk sekaligus hingga keseluruh ruangan serta juga orang yang ada didalamnya. Pendukung hal ini adalah kinerja mode  yang membuat AC Sharp maksimal untuk mendinginkan.  Yang perlu dlakukan untuk mengaktifkan Cool mode menggunakan remote dari AC Sharp ini adalah dengan menghidupkan terlebih dahulu AC menggunakan remote tersebut setelah itu pilih tombol mode dan carilah menu cool mode. Mode ini mempunyai tanda atau gambar yang berbentuk seperti salju butiran.

  1. Dry Mode

Jenis mode kedua yang ada pada pengaturan remote dari AC Sharp ini adalah dry mode. Mode ini bisa dibilang sedikit berbeda dari cool mode walaupun sama-sama memberikan kesejukan. Pasalnya apabila cool mode membuat AC bekerja penuh untuk mendinginkan ruangan, dry mode ini tidak membuat AC bekerja secara penuh. Fungsi dari dry mode ini sendiri adalah untuk mengurangi kelembaban bukan  untuk mendinginkan yang terjadi pada ruangan ber-AC Sharp ini.  Maka dari itulah apabila dirasa ruangan yang dipunyai mempunyai kelembaban yang tinggi, Anda bisa langsung menyetting AC Sharp menggunakan remotenya untuk memilih mode tersebut. Caranya hampir sama seperti pada cool mode, tetapi bedanya yang dipilih pada menu mode ini adalah pilihan menu yang berbentuk seperti tetesan air atau embun. Bentuk tersebut adalah tanda dari dry mode.

  1. Auto Mode

Auto mode adalah jenis mode ketiga yang terdapat pada remote dari AC Sharp. Apabila Anda memilih mode ini, maka AC akan bekerja secara otomatis. Cara kerja AC Sharp yang diatur pada remote dari AC Sharp menggunakan mode tersebut adalah pendeteksian suhu yang akan diikuti dengan tindakan otomatis AC. AC Sharp akan bekerja keras memberikan suhu dingin ke ruangan jika hasil pendeteksian ruangan mempunyai suhu yang panas. Sedangkan  apabila hasil deteksi sudah dingin, maka AC secara otomatis akan mengurangi sendiri kinerjanya atau selama beberapa waktu mati sebentar.  Pengaktifkan mode ini sama seperti kedua mode sebelumnya tetapi yang harus dipilih adalah auto mode yang mempunyai gambar atau tanda tiga garis melingkar dengan bagian belakangnya keluar dari lingkaran.

www.pexels.com
  1. Fan

Setiap AC Sharp akan mempunyai  fan atau kipas didalamnya. Nah, kipas ini bisa diatur sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Namun perlu diperhatikan ketika Anda memilih dry mode, kecepatan dari kipas ini tidak bisa diubah sebab dalam pengaturan Auto. Tombol Fan atau fan mode pada remote dari AC Sharp ini berada di samping kanan tombol mode dengan gambar seperti kipas.  Anda bisa langsung memilih tombol tersebut untuk mengatur kecepatan kipas. Yang akan bekerja pada mode ini adalah fan indoor saja sementara fan outdoor akan berhenti. Nantinya akan terlihat empat gambar di layar display  yang menunjukan tingkat pengaturan kecepatan kipas tersebut mulai dari auto yang bergambar seperti tiga garis membentuk lingkaran dengan ujungnya yang keluar dari lingkaran tersebut hingga balok yang tersusun dari kecil hingga besar. Balok pertama adalah balok paling rendah yang berjumlah satu menunjukan kecepatan fan lembut. Apabila jumlahnya dua maka sudah naik ke tingkatan kecepatan sedang. Terakhir adalah tingkat kecepatan kipas tinggi dengan tiga balok tersusun dari rendah ketinggi.  Silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan sendiri.

  1. Tombol Suhu atau Temperatur

Letak dari tombol temperatur atau suhu pada remote dari AC Sharp ini adalah pada atas dan bawah tombol mode. Dimana tombol di atas tombol mode yang bergambar panah ke atas digunakan untuk menaikkan suhu sedangkan yang berada dibawah dan bergambar panah ke bawah digunakan untuk menurunkan suhu AC Sharp. Perlu diketahui bahwa masih banyak orang yang belum mengetahui cara untuk menggunakan tombol suhu di remote dari AC Sharp ini. Biasanya mereka akan kebalik antara menaikkan dan menurunkan suhu. Seharusnya yang dilakukan ketika dirasa udara dingin adalah menaikan suhu AC. Sedangkan menurunkan suhu AC bila dirasa udara panas.  Pada saat mengatur menaikan atau menurunkan suhu menggunakan remote dari AC Sharp ini terdapat batasan yang ditetapkan yang mana berhubungan dengan pilihan mode pengoperasian yang telah dipilih.  Apabila Anda memilih dry mode dan auto mode, maka suhu hanya bisa diatur dari perubahan satu derajat celcius yang berada dalam jangka dua derajat celcius lebih rendah atau lebih tinggi dibandingkan suhu. Nantinya secara otomatis AC akan menentukan sendiri.  Sedangkan apabila cool mode yang dipilih, maka pilihan suhu pada remote dari AC Sharp ini yang bisa dipilih hanya dalam rentang 18 derajat celcius hingga 32 derajat celcius saja.

  1. Air Swing

Fungsi dari tombol air swing pada remote dari AC Sharp ini adalah sebagai penyetting  arah dari aingin ke kanan, kiri, atas atau bawah agar dapat sesuai dengan arah yang diinginkan.  Tombol ini terdapat pada pojok kiri remote tersebut dengan terdapat tulisan swing di atas tombol yang bergambar seperti segitiga tetapi garisnya tidak penuh.  Cara untuk menggunakan tombol ini sangatlah mudah, Anda hanya tinggal menekan sekali tombol swing arah vertikal atau horizontal ini pada remote dari AC Sharp sebanyak satu kali saja. Setelah itu pengarah udara akan terus-menerus berayun. Tekan sekali lagi tombol swing ini guna menentukan dimana arah yang diinginkan. Pengaturan ini akan disimpan secara otomatis dalam penyimpanan dan akan tetap dijalankan ketika AC dimatikan dan dioperasikan lagi.  Dalam mengatur arah swing secara vertikal ini tidak boleh Anda lakukan secara manual karena akan menyebabkan kerusakan pada AC Sharp.  Selain itu perlu juga diperhatikan akan adanya pengembunan. Pengembunan ini akan terjadi apabila dalam cool mode dan dry mode bilah pengarah secara vertikal ini dalam waktu yang lama berada pada posisi terendah.  Pengembunan ini juga bisa terjadi karena Anda mengatur  dalam waktu lama swing dengan arah udara secara horisontal terlalu condong ke salah satu arah yakni ke kanan atau kekiri dibarengi dengan cool mode yang kecepatan kipasnya lembut.

  1. Jet Kuat Operation

Apabila ingin AC Sharp ini bekerja secara maksimal dengan optimalnya arah louver yang mana bisa membuat ruangan  menjadi lebih cepat dingin maka tombol jet kuat operasilah yang harus dipilih. Tombol jet pada remote dari AC Sharp ini mempunyai gambar panah dengan dibawahnya terdapat tulisan jet. Langkah yang harus dilakukan untuk mengoperasikan tombol ini adalah ketika AC sedang menyala silahkan pencet tombol ini. Nantinya layar display akan menunjukan tanda berbentuk panah yang berarah ke kiri. Setelah itu, pada layar display juga akan menghilangkan tampilan suhu  yang menjadi mati sementara itu akan muncul warna hijau yang menyala sebagai tanda lampu jet kuat ini.  Pada pengerah udara secera vertikal akan turun ke bawah atau miring.  Cara untuk membatalkan tombol jet kuat pada remote dari AC Sharp ini juga harus diketahui. Anda tinggal memencet tombol tersebut kembali. Selain itu, cara lain yang bisa dilakukan adalah mematikan operasi jet kuat ini adalah dengan mematikan AC. Dengan dibatalkannya tombol jet kuat pada remote dari AC Sharp ini maka pengaturan arah akan kembali lagi pada pengarah aliran udara secara vertikal dengan lampu hijau yang menjadi penanda tombol Jet ini aktif akan mati. Ada beberapa catatan yang harus diketahui oleh para penguna AC sharp yang ingin mengaktifkan pengaturan jet kuat ini yakni untuk mematikan lampu jet kuat hijau ini hanya dengan memilih display tombol saja. Sementara itu selama Anda menggunakan operasi atau pengaturan jet kuat ini, tidak bisa untuk mengatur atau merubah kecepatan kipas dan kecepatan AC.

  1. Plasmacluster Operation

Untuk mengurangi bakteri atau jamur yang ada disekeliling ruangan, Anda bisa mengaktifkan operasi plasmacluster dengan memilih tombolnya yang bergambar titik yang membentuk segitiga kearah bawah. Setelah Anda memilih tombol tersebut, maka lampu berwarna biru sebagai tanda aktifnya plasmacluster akan menyala. Apabila ingin mematikannya, Anda hanya tinggal untuk menekan tombol pasmacluster pada remote dari AC Sharp ini sekali lagi. Untuk mematikan lampunya silahkan pencet tombol display. Tidak seperti operasi jet kuat yang apabila AC Sharp dimatika lalu dihidupkan kembali akan mati operasinya, plasmacluster akan tetap aktif saat AC dihidupkan kembali.

  1. Timer

Dengan memencet tombol  timer pada remote dari AC Sharp, maka Anda bisa mengatur sesuka hati kapankan AC akan mati secara otomatis. Tombol ini mempunyai gambar seperti jam yang mana letak tombolnya berada pada sisi kanan remote. Silahkan pencet tombol tersebut berulang kali dan atur waktu dimana Anda ingin AC Sharp ini mati baru behenti menekannya. Pada saat pengaktifkan time ini, AC akan secara otomatis mengatur suhu ruangan yang berguna agar Anda tidak terlalu merasakan dingin ketika tidur. Jika ingin membatalkan pengaturan timer yang telah disetting sebelumnya, Anda tinggal memilih tombol cancel saja.  Pengaturan timer ini sangatlah berguna untuk mencegah lonjakan tagihan listrik sehingga memang sangatlah menguntungkan bagi para pengunannya.

www.pexels.com

Tips Cara Menggunakan Remote dari AC Sharp

Setelah Anda mengetahui semua tombol yang ada pada remote AC Sharp ini beserta dengan fungsinya, selanjutnya yang harus diketahui adalah tips dalam cara menggunakan tersebut. Hal ini sangatlah penting agar tidak terjadi kesalahan yang merugikan ketika menggunakan remote tersebut. Berikut adalah tips cara menggunakan remote dari AC Sharp:

  1. Mengetahui Setiap Kegunaan dari Tombol

Apabila ingin menggunakan remote dari AC Sharp ini dengan baik, maka pertama-tama yang harus dilakukan adalah mengetahui setiap kegunaan yang ada pada tombol ini. Apabila Anda tidak mengetahui setiap kegunaan yang ada, pastinya akan terjadi asal-asalan dan coba-coba memencet setiap tombol yang ada untuk mengatur AC Sharp sesuai keinginan. Hal ini tidak boleh dilakukan karena bisa membuat AC rusak. Terdapat beberapa tombol yang tidak boleh diaktifkan secara bersamaan atau dalam pengaturan tertentu. Misalkan saja  Anda tidak boleh untuk menyetel AC Sharp dengan menggunakan remotenya berkecepatan fan penuh diiringi dengan suhu 18 derajat celcius.  Pengaturan tersebut akan membuat tidak pernah mati atau berhentinya kompressor pada AC. Dalam kata lainnya, pengaturan pada tombol suhu dan fan sepeti yang yang telah disebutkan tersebut tidak akan bisa membuat ruangan mempunyai suhu 18 derajat celcius. Dampaknya adalah listrik yang akan membengkak karena kompressornya yang tidak pernah mati. Perlu diketahui bahwa kompressor akan mati ketika udara dingin sudah tercapai.

  1. Tidak Memencetnya Terlalu Keras

Dalam menggunakan remote dari AC Sharp ini, Anda tidak boleh untuk memencet tombolnya terlalu keras. Hal ini disebabkan apabila Anda melakukannya akan membuat tombol tersebut rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Sebaiknya maka pencetlah tombol-tombol yang ada pada remote dari AC Sharp ini secara tidak terlalu keras agar nanti remotenya bisa bertahan lama seperti freon AC yang merupakan komponen paling tahan lama pada AC tersebut. Banyak orang yang masih mengabaikan mengenai hal ini padahal meskipun merupakan hal kecil tetapi bisa mempengaruhi daya tahan dari remote dari AC Sharp ini.

  1. Menjaga dan Merawat Remote dengan Baik

Tips cara menggunakan remote dari AC Sharp berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menjaga remote tersebut dan merawatnya dengan baik. Silahkan selalu rawat remote ini dengan baik dengan menghilangkan debu beserta kotoran yang ada pada sela-sela  tombolnya. Anda bisa menggunakan lap bersih untuk melakukannya. Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan menghindari remote dari AC Sharp ini rusak ketika hendak digunakan karena kotoran yang bisa menyubat tombol pada remote ini. Sementara itu,  jagalah remote dari AC Sharp ini dengan meletakkanya di tempat yang baik, tidak membiarkannya terjatuh atau terbentur benda yang keras dan jauhkan dari air serta anak-anak. Pasalnya dalam beberapa kejadian, anak-anak sering memasukkan remote dari AC Sharp ini kedalam air misalkan pada gelas ataupun akuarium sehingga remote menjadi rusak.

  1. Tidak Langsung Memencetkan Tombol On/Off Setelah AC Mati

Dalam pengunaan remote dari AC Sharp ini, Anda dilarang untuk langsung memencet tombol on/off ketika AC baru saja dimatikan atau mati karena listrik yang padam. Tips yang satu ini sangatlah penting karena mampu memperpendek umur AC sharp tersebut. Sebaiknya Anda menunggu sekitar 1 menit lamanya untuk memencet kembali tombol on/off pada  remote dari AC Sharp ini untuk menghidupkannya kembali. Dengan begitu kompressor AC tersebut bisa beristirahat sejenak.

www.pexels.com

Nah, demikianlah itu tadi merupakan tombol-tombol yang ada pada remote AC Sharp beserta dengan kegunaannya dan juga tips dalam menggunakan remote tersebut yang harus Anda ketahui. Mulai dari tombol-tombol remote yang ada hingga tips dalam menggunakannya tidak ada yang boleh diabaikan satupun karena keduanya berhubungan yang bisa menjaga ketahanan dari remote dan juga AC-nya sekaligus. Jadi, memang sudah sepantasnya para pengguna AC Sharp mutlak harus mengetahui tombol yang ada pada remote dari AC Sharp ini dengan kegunannya sekaligus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *