Tempat Wisata Malang Nan Elok dan Mempesona

travel

Saya adalah putra asli Sumatera. Waktu saya kecil saya tidak banyak tahu nama-nama daerah yang ada di Indonesia. Kecuali nama-nama ibu kota propinsi, katakanlah ibu kota kota propinsi Jawa Timur yaitu Surabaya, ibu kota propinsi Jawa Tengah Semarang, Ibu kota Jawa Barat Bandung dan sebagainya. Nah, pada suatu hari saya mendengar nama daerah yaitu Malang. Awalnya mendengar nama itu saya merasakan ada sesuatu yang unik, lebih-lebih penamaan kota Malang. Waktu itu saya meyakini mesti ada cerita dibalik penamaan nama ini. Barulah beberapa waktu yang lau saya memiliki jawaban tersendiri kenapa nama daerah di jawa Timur ini dinamai dengan kata ‘Malang’. Alasan saya begini, bahwa saya berkesempatan singgah di kota ini dengan megikuti Paket Wisata Malang. Setelah saya menyelesaikan paket ini saya mengambil kesimpulan bahwa akan sangat malang seseorang yang tidak berkesempatan untuk pergi ke daerah Malang, karena daerah ini menghadirkan wisata nan elok dan mempesona. Nah itulah jawaban versi saya, hehehe. Bagaimana jawaban versi Anda? Tapi, untuk mendukung jawaban versi saya akan paparkan tempat wisata Malang nan elok lagi mempesona sebagai berikut.

Tempat Wisata Malang Nan Elok dan Mempesona

Bagi Anda yang ingin merasakan kebenaran jawaban versi saya berikut ulasan dan paparan saya.hehehe

www.pexels.com

1.    Pesona Pulau Sempu

Ulasan tentang pesona tempat wisata Malang saya mulai dari kunjungan saya ke Pualu Sempu. Pulau ini disebut sebagai salah satu surga dunia. Pulau Sempu berjarak tujuh puluh lima kilometer dari pusat kota Malang. Pulau ini memiliki keindahan yang sangat istimewa bin mempesona. Tempat wisata ini juga sebagai kawasan cagar alam yang dikelola oleh pemerintah kota. Adapun yang lingkup cagar alam meliputi hutan pantai, hutan tropis hingga hutan bakau. Dan yang tidak kalah mempesonanya adalah Segara Anakan. Adapun Segara Anakan adalah danau yang ada di tengah pulau dengan kisaran luas empat hektar. Daya tarik dari Segara Anakan merupakan pesona kilau kemilau di Pulau Sempu. Air dari telaga berasal dari ombak laut selatan yang mana melalui lubang tebing di sisi danau ini. Air di danau cukup dingin dan jernih sekali. Karena kejernihannya dasar danau bisa dilihat dengan mata telanjang dari atas. Selain itu, Anda juga bisa berenang dengan bebas, memancing atau bermain di pasir putihnya yang melandai.

Penting juga diketahui akses jalan menuju ke tempat ini agak susah dan tidak mudah. Anda harus melewati terlebih dahulu Pantai Sendang Biru dengan menggunakan perahu motor. Agar lebih praktis jangan lupa menyimpan nomor telepon genggam nelayan pemilik perahu agar bisa dijemput lagi saat Anda akan kembali pulang. Begitu turun dari perahu motor, perjalanan Anda dilanjutkan dengan trekking yang cukup panjang. Tapi, kelelahan Anda akan terbayar ketika Anda melihat pesona keindahan Segara Anakan yang masih asri dan alami. Konon, pulau ini tidak berpenghuni, sehingga jika ingin menginap maka Anda harus mendirikan tenda untuk berkemah. Atau Anda juga bisa konsultasi dulu dengan Paket Wisata Malang.

2.    Pantai Bantol

Berikutnya tempat wisata Malang yang tidak kalah mempesona adalah Pantai Bantol. Pantai ini memiliki pesona yang tidak kalah memukau meski harus menempuh jarak yang cukup jauh yaitu enam puluh kilometer dari kota Malang. Keistimewaan dari pantai ini adalah terdapat sebuah gua dan danau kecil dengan air payau yang dapat di eksplor.

Adapun gelombang lautnya tidak terlalu besar, karena terletak di sebuah teluk dan dilindungi gugusan karang di sepanjang garis pantai. Pengunjung yang datang ke pantai in bisa berenang dengan bebas karena ombak yang tidak besar dan juga airnya yang jernih. Lokasi dari pantai Bantol adalah dusun Sumberceleng, desa Banjarejo, Kecamatan Donomulyo, Malang, Jawa Timur.

www.pexels.com

3.    Pantai Balekambang

Selanjutnya adalah pantai Balakembang yang mana memiliki pura di atas pulau karang. Kondisi ini persis seperti Tanah Lot di pulau Dewata Bali. Bedanya, pura di sin berukuran lebih kecil dan memang sengaja dibangun pada tahun 1985 oleh bupati Malang. Pembangunan pura ini mengikuti desain Pura Tanah Lot. Tapi patut dicatat, meski mengikuti desain pura Bali, bukan berarti pantai ini menjadi tidak istimewa. Tapi ada sisi lain yang membuatnya istimewa yaitu pura yang dihubungkan dengan jembatan beton sepanjang serratus meter. Jembatan ini sangat anggun dan cantic khususnya pada saat senja.

Namun, tidak hanya itu yang menjadikan pantai ini mempesona, tapi juga terdapat pada pemandangan laut lepas di pantai ini. Pantai ini dikenal dengan pesona pemandangan yang eksotik dan mempesona. Ditambah hamparan pasir putih dan ombak kecilnya pun menjadi sesuatu yang lebih istimewa. Anda bisa berenang dan bersantai di pendopo, bahkan bisa menyantap kuliner di warung atau berburu souvenir di toko sekitar wilayah pantai tersebut.

4.    Pantai Teluk Asmoro

Berikutnya tempat wisata Malang yang tidak kalah mempesonanya adalah pantai Teluk Asmoro. Pantai ini terletak di Tambak Rejo, kecamatan Sumber Manjing Wetan, kabupaten Malang. Peresmian pantai ini pada bulan April 2017. Teluk Asmoro merupakan pantai yang masih asri, bersih tanpa sampah dan begitu elok lagi eksotik.

Keelokan dan keeksotikan dari pantai Teluk Asmoro tergambar dari pulau-pulau karang kecil yang tertata acak dengan berbalut rerimbun tumbuhan nan menghijau. Ombak dilepas pantai juga tidak kalah menariknya yaitu tenang, sehingga pengunjung dapat dengan aman untuk berenang dan bermain dengan keluarga dan sikecil. Keindahan dan keelokan alamnya, pantai ini mendapat julukan sebagai Raja Ampatnya Malang.

www.pexels.com

5.    Pantai Banyu Meneng

Selanjutnya yaitu Pantai Banyu Memeng. Sesuai dengan namanya yaitu Banyu Meneng yang mana diambil dari bahasa Jawa yang artinya air yang tenang. Pantai ini memiliki ombak yang amat sangat tenang. Sehingga pantai ini sangat aman untuk berenang dan bersantai di bibir pantai. Selain ombaknya yang tenang, pasir dari pantai Banyu Meneng ini juga putih dan bersih. Sedangkan garis pantainya tidak terlalu panjang. Pantai Banyu Meneng memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang dengan dikelilingi hutan di sampingnya. Sehingga, sangat nyaman digunakan untuk berteduh sembari camping menikati pesona pantai Banyu Meneng. Pantai Banyu Meneng termasuk pantai yang masih baru di Kabupaten Malang, sehingga masih banyak orang yang belum tahu tentang pantai ini

6.    Pantai Tiga Warna

Temat wisata Malang berikutnya yang menjadi jawaban versi saya adalah pantai Tiga Warna. Pantai Tiga Warna menjadi pantai yang populer dan banyak dikunjungi wisatawan. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki tiga warna yang berbeda sesuai dengan kedalaman air lautnya. Pantai Tiga Warna memiliki keindahan yang begitu memukau. Pantai ini dikelilingi pasir putih yang lembut dan air laut dengan warna yang jernih dan tenang, terumbu karang yang dikelilingi oleh hutan lindung yang dikelola oleh Bhakti Alam juga dikelola langsung oleh warga sekitar pantai. Di pantai Tiga Warna wisatawan tidak hanya dapat berenang atau duduk di tepi pantai saja, pengunjung juga dapat melakukan snorkeling dan melihat Terumbu karang di Pantai Tiga Warna cukup indah.

7.    Pantai Gatra

Tempat wisata Malang yang juga tidak kalah elok lagi  memepsona yaitu pantai Gatra. Pantai Gatra termasuk wilayah konservasi yang dilindungi. Pantai Gatra menampilkan pemandangan keren dan tergolong masih alami. Karena termasuk wilayah konservasi yang dilindungi, Pantai Gatra dikelilingi rimbunan pohon hijau yang membuat udara di pantai terasa sangat sejuk. Pantai Gatra memiliki keindahan dengan ciri khas tersendiri yaitu gradasi warna laut biru yang sangat indah ditambah dengan pemandangan pulau-pulau kecil yang berada ditengah pantai. Sehingga, membuat gelombang ombak di pantai Gatra begitu sangat tenang. Pantai Gatra juga terkenal dengan pasirnya yang putih dan air lautnya yang bening, sehingga wisatawan dapat melihat terumbu karang yang indah dengan jelas. Lokasi Pantai Gatra terletak di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

www.pexels.com

8.    Pantai Clungup

Pantai Clungup merupakan salah satu aset tempat wisata Malang yang masih sangat alami. Karena, belum banyak yang mengetahui keberadaan tentang pantai Clungup. Pantai Clungup dikelilingi oleh perkebunan warga sekitar Desa Sitiarjo dan termasuk wilayah konservasi yang dilindungi. Pasir di pantai Clungup begitu sangat halus dan bersih juga ombak pantainya yang tenang membuat pantai Clungup aman melakukan aktivitas berenang. Pantai Clungup ini terletak di Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

9.    Pantai Sipelot

Berikutnya, pesona tempat wisata Malang yang tidak kalah eloknya adalah pantai Sipelot. Pantai Sipelot terletak di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Keindahan yang dimiliki pantai Sipelot siap menyambut para pengunjung mulai dari hamparan perkebunan kopi, pisang dan tambak udang yang luas. Pantai Sipelot adalah pantai semi-circular, dimana hamparan pasirnya berbentuk melingkar sepanjang 2 kilometer. Pasirnya bersih dan lembut disertai ombak yang cukup tenang membuat pengunjung pantai Sipelot aman untuk melakukan aktivitas berenang dan snorkling. Fasilitas di pantai ini sudah lumayan memadai, terdapat banyak toilet, warung-warung, dan juga tempat ibadah.

10. Wendit Water Park

Berikutnya, kita tinggalkan dulu sejenak tentang pantai, kita belokkan sedikit ke arah water park yaitu Wendit Water Park. Wendit Water Park awalnya disebut dengan Taman Pemandian Wendit. Tempat wisata yang terletak di kecamatan Pakis ini menawarkan dua tempat pemandian yaitu telaga alami dan kolam renang buatan. Telaga alami memiliki kedalaman 2 meter dan suhu airnya antara 18-25 derajat Celcius. Menurut kepercayaan warga setempat, air di telaga ini bisa membuat awet muda dan panjang umur, loh. Selain telaga ini, ada juga kolam renang buatan yang biasa disebut dengan water park. Water park ini relatif lebih menarik terutama untuk anak-anak karena terdapat bermacam papan seluncur air dan ember tumpah raksasa yang menggantung di tengah kolam. Selain kedua pemandian tersebut, tempat wisata di Malang ini juga memiliki danau buatan yang bisa dikelilingi dengan menggunakan perahu dan sepeda air. Ada juga kolam untuk memancing juga wahana permainan seperti worm coaster dan flying fox.

www.pexels.com

11. Sentra Kerajinan

Sebagai pelengkap pesona tempat wisata Malang kami selipkan berupa kerajinan. Oleh-oleh berupa camilan sudah biasa? Cobalah datang ke Jalan MT Haryono XI, Anda bisa menemukan keramik-keramik unik untuk dijadikan oleh-oleh. Di sepanjang jalan ini, sedikitnya terdapat 30 toko kerajinan yang menjual berbagai jenis keramik mulai dari mug, vas bunga, piring, guci, asbak sampai hiasan meja dan dinding. Ciri khas dari keramik Dinoyo ini adalah motifnya yang berupa flora dan fauna. Selain membeli sebagai oleh-oleh, Anda juga bisa memesan dalam jumlah banyak untuk suvenir pernikahan atau acara-acara lainnya.

Nah, demikian jawaban versi saya tentang kenapa saya harus menjawab seperti yang saya kemukakan pada awal paragraf tulisan ini. Selanjutnya, kalau Anda benar-benar ingin menikmati pesona dan eloknya tempat wisata Malang, Anda bisa juga menggunakan Paket Wisata Malang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *